Jenis – jenis beras dan manfaatnya

BERAS

 

Ada 3 jenis beras yang ada di dunia ini:

  1. Beras Putih

Umum ditanam oleh petani kita dan nasinya sudah biasa kita makan sehari-hari

  1. Beras Merah atau brown rice

Yang saat ini umum dijual di pasaran dan yang biasa dimasak diwarung – warung sego abang

  1. Beras Hitam

Yang hanya tumbuh dan dibudidayakan di daerah tertentu saja. Beras Hitam hingga kini masih sering disebut sebagai “Forbidden Rice” karena jaman dulu beras ini khusus di konsumsi keluarga bangsawan dan kerajaan saja dan masyarakan umum dilarang mengkonsumsi beras ini. Namun yang jelas, beras hitam ini memiliki keistimewaan-keistimewaan diantaranya selain rasanya yang enak, pulen dan wangi juga memiliki kandungan mineral atau antosianin atau yang lainnya yang sangat baik untuk kesehatan.

 

Beras Hitam

  • Merupakan varietas lokal yang memiliki rasa dan aroma yang baik dengan penampilan yang spesifik dan unik.
  • Bila dimasak warnanya menjadi pekat dengan rasa dan aroma yang menggugah selera makan.
  • Penelitian sejak tahun 2003 menunjukkan dari persilangan BP140F x Silugonggo yang warna berasnya merah salah satu galurnya menghasilkan butir beras berwarna ungu kehitaman walaupun jumlahnya sedikit (±10%). Hasil persilangan ini berumur genjah (90-100 hari), tinggi tanaman 90-100 cm dengan penampilan mirip tetuanya Silugonggo.
  • Beras hitam yang oleh masyarakat Indonesia kadang disebut sebagai beras wulung, beras jlitheng atau beras gadog bukanlah ketan hitam.
  • Beras hitam memiliki khasiat yang lebih baik dibanding beras merah atau beras lainnya.
  • Anda yang mengkomsumsi nasi hitam akan merasa kenyang lebih lama
  • Di Bogor ada rumah makan yang menyediakan nasi beras hitam.

 

Beras hitam adalah legenda.

  • Beras hitam dahulu hanya boleh dimakan oleh kalangan tertentu. Sultan, Bangsawan, Ningrat, Tetua Adat.
  • Bahkan di beberapa daerah hanya boleh dimakan pada ritual-ritual tertentu saja dan tentunya hanya orang-orang tertentu yang boleh menanamnya.
  • Sultan Jogja dan Sultan Cirebon masih mengonsumsi nasi hitam sebagai menu utama sehari-hari hingga saat ini.
  • Dimasa Cina kuno beras yang kaya nutrisi ini hanya boleh dikomsumsi oleh kalangan istana saja.
  • Suku Baduy, Sasak dan Toraja memiliki adat dan ketentuan yang ketat terkait dengan penanaman dan penggunaan beras hitam.
  • Di Indramayu petani sepuh masih tidak berani menanamnya karena Pamali.
  • Di Korea beras hitam menjadi bagian penting dalam pemeliharaan kesehatan karena kaya akan vitamin, mineral, dan antioksidan

 

Apa bedanya dengan beras biasanya?

Memang warnanya hitam keunguan tapi bukan itu intinya, khasiat yang terkandung di balik pigmen warna hitam yang pekat itulah yang membuat tanaman ini begitu istimewa karena kandungan Antioksidan, flavonoid, asam amino dan berbagai macam kandungannya sangat baik bagi kesehatan.

 

Bagaimana rasanya ?

Kebanyakan suplemen atau herbal memiliki rasa yang kurang enak dan kadang pahit. Beras hitam justru sangat wangi dan lebih pulen dibandingkan beras biasa. Kaisar Cina tidak salah memilihnya sebagai beras upeti, demikian pula kaum bangsawan di negeri kita. Selain khasiat, rasanya juga super.

Merasa pola makan atau pola hidup Anda kurang sehat?

Hati-hati! Tidak sakit bukan berarti sehat, karena kebanyakan penyakit gaya hidup bersifat laten dan diam-diam membangun kekuatan. Tanda hanya muncul ketika segalanya sudah terlambat. Bukankah lebih baik mencegah daripada mengobati?

 

Herbal yang ideal?

Hidup sehat dengan makanan yang sehat sepertinya semakin berat di zaman yang serba cepat dan instan ini. Maka kami berjuang untuk membuat produk sehat, ramah lingkungan, namun mudah dikonsumsi dan disukai masyarakat dan tentunya harga yang terjangkau! Beras hitam dapat juga dimakan bersama lauk-pauk seperti nasi biasa. Namun sebelum menanak harus direndam selama 2 jam karena lebih keras dan agak lengket. Aroma nasi hitam yang tajam dan kuat mungkin kurang cocok bagi sebagian orang yang belum terbiasa.

 

Anda sedang beruntung!

Anda tidak perlu menjadi bangsawan/ningrat untuk rutin mengkonsumsi beras hitam, juga tidak perlu menguras kocek untuk mendapatkannya, apalagi repot menanak beras hitam yang harus direndam dahulu. Malah Anda termasuk orang yang lebih dahulu mengetahui khasiat sang Legenda

 

Veritas Beras Hitam:

ü  Beras gadog subang

ü  Beras jowo melik

ü  Beras cempo ireng

ü  Beras hitam Rantepao (paling cepat terasa khasiatnya)

ü  Beras hitam lainnya

 

Kelebihan, khasiat dan kandungan Beras Hitam:

  • Beras hitam mengandung zat besi tinggi yaitu 15,52 ppm, jauh lebih tinggi dibanding beras dari varietas IR64, Ciherang, Cisadane, Sintanur, Pandanwangi, dan Batang Gadis yang kandungan besinya berkisar antara 2,9-4,4 ppm. Zat besi dibutuhkan tubuh dalam pembentukan sel darah merah untuk mengatasi anemia
  • Menurut penelitian di Cina kadar Vitamin, Mikroelemen dan Asam Amino pada beras hitam lebih tinggi dari semua jenis beras.
  • Warna yang kurang menarik ini justru menunjukkan bahwa pigmen beras hitam ini tinggi. Pigmen ini mengandung aleron dan endospermia yang menghasilkan antosianin zat turunan polifenol yang berguna sebagai zat antikarsinogenik, meningkatkan kadar trombosit dan antioksidan tinggi. Kandungan zat flavonoid lima kali lipat lebih tinggi dari beras biasa yang bisa mencegah pengerasan pembuluh nadi dan asam urat.
  • Khasiat beras hitam dibuktikan oleh ilmuwan memiliki kadar antioksidan berupa antosianin (anthocyanin) yang berfungsi melindungi sel-sel tubuh dengan mengikat radikal bebas yang bisa merusak sel tubuh.
  • Dalam ilmu pengobatan Tradisional Cina beras hitam memiliki khasiat pengobatan dan kesehatan bagi fungsi ginjal.
  • Berbagai studi iptek modern belakangan ini menunjukan bahwa beras hitam kaya serat, asam-asam amino, mineral, vitamin, antioksidan dan nutrisi lainya.
  • Beras hitam ini juga memiliki kadar karbohidrat yang lebih rendah dari beras biasa dengan kandungan zat besinya yang cukup tinggi.
  • Melalui proses fermentasi Inkubasi kandungan yang ada dalam beras hitam ini bisa ditingkatkan sehingga menghasilkan daya kerja yang lebih optimal. Hal ini terbukti dalam hasil tes laboratorium produk Bioactiva, dimana salah satu bahan bakunya adalah beras hitam.  Kandungan lainnya yang terdapat dalam produk Bioactiva antara lain: Asam Amino, Mineral, Antioksidan, Enzym yang berguna untuk membantu proses metabolisme lemak dan karbohidrat untuk menghasilkan energi sehingga kadar gula dalam darah terkontrol
  • Beras hitam ini juga dapat memperlambat proses penuaan (antiaging), mengendalikan berat badan karena kandungan karbohidratnya hanya 74,81%, lebih kecil dibandingkan beras putih yang 78,9%
  • Hasil penelitian Jung Yun Kim, Min Hee Do, Sang Sun Lee menunjukkan bahwa beras hitam memiliki efek cardioprotektif. (Annals of Nutrition and Metabolism 2006;50:347-353). Antosianin juga dikatakan mempunyai sifat antikarsinogenik, memberi perlindungan kepada kardiovaskular, menjaga kadar gula dalam darah, khususnya bagi penderita kencing manis, mencegah penyakit saluran kencing dan menghambat serangan bakteria Helicobacter pylori yang menyebabkan masalah lambung, kanker perut dan radang usus.
  • Selain aspek kesehatan antosianin digunakan secara luas untuk menjaga kesehatan kulit dan mencegah penuaan dini dengan membentuk kolagen baru karena pada saat yang sama ia juga mampu meningkatkan efek vitamin C dan E untuk mengembalikan keremajaan kulit.(Harian Metro Online Jumat, 08 Jun 2007)
  • Menurut para ilmuwan, lebih dari 10.000 radikal bebas menyerang sel – sel badan kita setiap hari. Radikal bebas dapat mempercepat proses penuaan dan meningkatkan resiko penyakit seperti jantung, stroke, kencing manis, arthritis dan kanker. Untuk mencegah kerusakan tubuh akibat serangan radikal bebas diperlukan senyawa yang disebut antioksidan. Anti oksidan adalah senyawa yang mampu mendonorkan elektronnya untuk menetralkan sifat merusak dari radikal bebas.(Harian Metro Online Jumat, 08 Jun 2007)

Sumber radikal bebas antara lain :

–    Makanan tidak sehat

–    Makanan berlemak, digoreng dan hangus (seperti kepingan hitam pada sate atau ikan bakar)

–    Minuman beralkohol

–    Rokok

–    Bahan kimia toksik (seperti racun serangga)

–    Sinar UV

  • Beras hitam sangat ahli dalam mengerjakan tugas seperti:

–       Membersihkan racun dan toksin dari dalam tubuh (detoksifikasi)

–       Membantu memelihara ketahanan tubuh (imunitas)

–       Membantu memelihara keseimbangan sistem organ dan hormon

 

Mungkin Anda sudah sering mendengar kalau beras merah mempunyai manfaat baik untuk kesehatan kita. Tapi kini kita bisa menemui beras hitam yang bisa mencegah dan menyembuhkan berbagai penyakit seperti:

–    Leukemia –    Asma –    Masalah kewanitaan
–    Diabetes –    Ginjal –    Mengurangi peradangan
–    Kegemukan –    Hepatitis –    Memperbaiki kerusakan sel hati
–    Kanker –    Anemia –    Meningkatkan daya tahan tubuh
–    Kolesterol –    Masalah pencernaan –    Memperlambat proses penuaan
–    Maag –    Alergi –    Sebagai antioksidan
–    Mengeluarkan racun (detoksifikasi) –    Mencegah turunnya kadar trombosit –    Mencegah pengerasan pembuluh darah nadi
–    Mencegah asam urat  

 

MENCEGAH LEBIH BAIK DARIPADA MENGOBATI!

BUKTIKAN SENDIRI LEGENDANYA!

Telah terbukti dan dipercaya oleh Sultan, Kaisar, kaum bangsawan dan Tetua Adat selama

ribuan tahun, dan tetap dipertahankan hingga kini!

 

ANALISIS PROXIMAT DARI BERBAGAI JENIS BERAS

NO

NAMA BAHAN

ENERGI (KKAL)

PROTEIN (GRAM)

KARBOHIDRAT (GRAM)

LEMAK (GRAM)

SERAT (GRAM)

1

Beras hitam

351

8

1,3

76,9

20,1

2

Beras merah

352

7,3

0,9

76,2

0,8

3

Beras putih

357

8,4

1,7

77,1

0,2

5

Ketan hitam

360

8

2,3

74,5

1

4

Ketan putih

361

7,4

0,8

78,4

0,4

             
             
             
             
             
             
             
             
             
             
             
             

Dari tabel diatas terlihat bahwa kandungan serat beras hitam sangatlah tinggi jika dibandingkan dengan beras putih. Serat sangat berpengaruh dalam pengaturan kadar gula darah bagi penderita diabetes mellitus.

 

Deskripsi Padi Hitam Purwokerto:

  1. Tinggi tanaman 130 – 140 cm
  2. Umur tanaman120 hst
  3. Warna kulit gabah hitam
  4. Bisa ditanam di dataran rendah – tinggi
  5. Jumlah bulir per malai 120 – 150
  6. Tahan terhadap hama dan penyakit
  7. Potensi hasil 5 – 6 ton/ ha
  8. Nasi agak bulat, pulen dan kenyal
  9. Beraroma wangi

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Bagaimana cara kita melestarikannya?

Kita mulai dari diri kita sendiri yaitu dengan mulai membudayakan dan  mengkonsumsi beras hitam. Dengan demikian kebutuhan atau permintaan akan beras hitam meningkat dan pada akhirnya akan memotivasi petani untuk menanamnya sehingga lestarilah beras hitam warisan nenek moyang. Karena sekali punah maka plasma nutfah beras hitam tersebut tidak akan bisa kembali.

 

1 pack Benih padi hitam dari Purwokerto berisi 2 Kg, dengan harga Rp.75.000/pack

Jika anda minat bisa langsung SMS maspary di 0812 2630 297

 

 

 

 

 

 

 

 

 

About Fajar Rizky Hogantara

I am the BIg Family of SH Terate

Posted on April 5, 2013, in Macam - macam beras. Bookmark the permalink. Leave a comment.

Comments are closed.

%d bloggers like this: