05. PERBEDAAN EM4, MOL DAN PGPR

PERBEDAAN EM4, MOL DAN PGPR

Sekilas antara Em4, MOL dan PGPR memang nampak hampir sama baik bentuk maupun cara pembuatannya, namun sebenarnya ada beberapa perbedaan yang mendasar antara Em4, Mol dan PGPR

Berikut perbedaan EM-4, MOL dan PGPR

VARIABEL

EM4

MOL

PGPR

Bahan dasar pembuatan Buah-buahan Buah-buahan, kotoran hewan yang masih segar, sampah dapur, bonggol pisang, nasi, trasi dll Akar bambu, ataupun akar tanaman yang lain yang tahan terhadap penyakit akar.
Manfaat Mempercepat pembuatan kompos, menambah microorganisme tanah, menambah kesuburan tanah, bisa digunakan sebagai pupuk daun. Mempercepat pembuatan kompos, menambah microorganisme tanah, menambah kesuburan tanah, bisa digunakan sebagai pupuk daun Mencegah penyakit akar tanaman, menyuburkan akar  tanaman, menambah mikroorganisme yang membantu tanaman, memproduksi hormon bagi tanaman
Kandungan dan jenis mikroorganisme –    Bakteri fotosintetik

–    Actinomicetes

–    Bakteri asam laktat

–    Ragi dan jamur fermentasi

–    Asam amino dan unsur mikro

Tergantung bahan pembuatnya dan masih perlu dilakukan penelitian lebih lanjut tetapi pada prinsipnya kandungannya hampir sama dengan Em4 Pseudomonas Putida, P. Fluorescens, Serratia Liquefaciens, P. Putida Biovar b, dan Arthrobacter Citreus (bakteri bermanfaat yang tumbuh disekitar akar)
Arti Effective microorganisme (microorganisme yang bermanfaat bagi tanaman) Micro organisme lokal (mikroorganisme yang bersumber dari bahan tertentu yang bermanfaat bagi pertumbuahan tanaman. Sebagai contoh mikroorganisme dari rumen sapi, rumen kambing, bonggol pisang, nasi, buah-buahan dll) Plant growth promoting rhizobacteria (mikroorganisme yang berada disekitar perakaran tanaman)
Apliksi pada tanaman Pada daun dan akar tanaman Pada daun dan akar tanaman Hanya pada akar tanaman

 

Untuk data dalam bentuk Ms. Word,silahkan download disini .

About Fajar Rizky Hogantara

I am the BIg Family of SH Terate

Posted on March 31, 2013, in Agen Hayati. Bookmark the permalink. Leave a comment.

Comments are closed.

%d bloggers like this: