EFEKTIVE MIKRO ORGANISME (EM-4)

SELAMAT DATANG DI TEHNOLOGI EM-4

 

Kandungan mikroorganisme utama dalam Em-4 yaitu:

  1. 1.        Bakteri Fotosintetik (Rhodopseudomonas spp.)

Bakteri ini mandiri dan swasembada, membentuk senyawa bermanfaat (antara lain, asam amino, asam nukleik, zat bioaktif dan gula yang semuanya berfungsi mempercepat pertumbuhan) dari sekresi akar tumbuhan, bahan organik dan gas-gas berbahaya dengan sinar matahari dan panas bumi sebagai sumber energi. Hasil metabolisme ini dapat langsung diserap tanaman dan berfungsi sebagai substrat bagi mikroorganisme lain sehingga jumlahnya terus bertambah

  1. 2.        Bakteri asam laktat ( Lactobacillus spp. )

Dapat mengakibatkan kemandulan ( sterilizer) mikroorganisme yang merugikan, oleh karena itu bakteri ini dapat menekan pertumbuhan; meningkatkan percepatan perombakan bahan organik; menghancurkan bahan organik seperti lignin dan selulosa serta memfermentasikannya tanpa menimbulkan senyawa beracun yang ditimbulkan dari pembusukan bahan organik Bakteri ini dapat menekan pertumbuhan fusarium, yaitu mikroorganime merugikan yang menimbukan penyakit pada lahan/ tanaman yang terus menerus ditanami.

  1. 3.        Ragi / Yeast (Saccharomyces spp)

Melalui proses fermentasi, ragi menghasilkan senyawa bermanfaat bagi pertumbuhan tanaman dari asam amino dan gula yang dikeluarkan oleh bakteri fotosintetik atau bahan organik dan akar-akar tanaman. Ragi juga menghasilkan zat-zat bioaktif seperti hormon dan enzim untuk meningkatkan jumlah sel aktif dan perkembangan akar. Sekresi Ragi adalah substrat yang baik bakteri asam laktat dan Actinomycetes

  1. 4.        Actinomycetes
    Actinomycetes menghasilkan zat-zat anti mikroba dari asam amino yang dihasilkan bakteri fotosintetik. Zat-zat anti mikroba ini menekan pertumbuhan jamur dan bakteri. Actinomycetes hidup berdampingan dengan bakteri fotosintetik bersama-sama meningkatkan mutu lingkungan tanah dengan cara meningkatkan aktivitas anti mikroba tanah.
  2. 5.        Jamur Fermentasi (Aspergillus dan Penicilium)

Jamur fermentasi  menguraikan bahan secara cepat untuk menghasilkan alkohol, ester dan zat anti mikroba. Pertumbuhan jamur ini membantu menghilangkan bau dan mencegah serbuan serangga dan ulat-ulat merugikan dengan cara menghilangkan penyediaan makanannya. Tiap species mikroorganisme mempunyai fungsi masing-masing tetapi yang terpenting adalah bakteri fotosintetik yang menjadi pelaksana kegiatan EM terpenting. Bakteri ini disamping mendukung kegiatan mikroorganisme lainnya, ia juga memanfaatkan zat-zat yang dihasilkan mikroorganisme lain.

Cara perbanyakan Em-4

BAHAN

 

CARA MEMBUAT

– Em4 botol kuning : 1 liter

– Katul                   : ≥ 3 Kg

– Molase                : 250 cc

– Terasi                 : ¼ Kg

– Air                      : 5 Liter

à

Masak air sampai mendidih à masukkan terasi, bekatul dan molase à aduk sampai rata à setelah dingin masukkan Em4 à aduk à simpan anaerob  3-4 hari à siap digunakan.

Untuk membuat lagi cukup menggunakan EM yang sudah kita buat sendiri

 

 

 

 

 

 

 

Aplikasi Em-4

  1. 1.        Bidang Pertanian
    1. a.    Membuat bokashi

Bahan

–       Em 4                    : 1 liter

–       Molase                 : 1 liter

–       Bahan organic*    : 1 ton

–       Air                       : secukupnya

*Segala macam kotoran ternak, jerami, katul, sekam, serbuk gergaji, ampas kelapa, ampas tahu, kulit kacang, kulit kedelai, segala macam rerumputan, segala macam dedaunan, dan lain-lain yang ada disekitar kita. (prinsip semakin beraneka ragam semakin baik)

Cara membuat

1)        Aerob

Em4 dan Molase dicampur dengan perbandingan 1 : 1 simpam selama 3 – 24 jam à siramkan kebahan organik secara merata dan tambahkan air sampai kebasahan 30% à ditumpuk dengan ketebalan ± 30 – 50 cm à ditutup à kontrol suhu jika lebih dari 50oC à diaduk2 sampai suhu stabil ± 30 oC à bokashi sudah siap untuk digunakan.

Jika tidak langsung digunakan à disimpan anaerob sampai 4 bulan

Bokashi dikatakan jadi jika:

–       Muncul hifa putih halus seperti kapas (tergantung bahan organic dan mikroorganisme tambahan lainnya) biasanya pada hari ke 5-10

–       Muncul aroma segar dan manis

2)        Anaerob

Sampai dengan cara mencampur sama, bedanya bahan yg sudah disiram Em4 à disimpan anaerob. Masa fermentasi terjadi 3-4 hari

  1. b.   Perawatan

Tujuan: Untuk mempertahankan jumlah mikro organisme dalam keadaan optimal

Caranya:

Buat campuran Em4 : Molase 0,5 – 1 % à siramkan pada tanah/tanaman 1 minggu sekali

Catatan:

–       Bokashi adalah pupuk organik yang bekerja lambat tidak seperti pupuk kimia responnya spontan

–       Pada tahap awal pemakaian pemberian pupuk kimia tetap diberikan seperti biasanya kecuali N dikurangi ±25 %

–       Jika pemakaian sudah > dari 5 kali seluruh pupuk kimia bisa dikurangi secara bertahap sambil diamati kondisi tanaman

  1. 2.        Bidang Peternakan
    1. Sebagai air minum ternak larutkan 1 cc EM-4/liter air (0,1%)
    2. Sebagai pakan ternak larutkan 1 cc EM-4/liter air (0,1%) kemudian disemprotkan ke dalam pakan ternak.
    3. Untuk mencegah bau kotoran dan kandang ternak, larutkan EM-4 dan Molase ke dalam air dengan perbandingan 1:1:100 (1%) kemudian disimpan dalam tempat yang tertutup rapat selama 1-2 hari kemudian dipergunakan untuk menyemprot kandang dan pada badan ternak dengan dosis 10 cc larutan dalamn 1 liter air.

 

 

 

  1. 3.        Bidang Perikanan
    1. Pada saat pengolahan dasar tambak diberikan Bokashi 5 ton/ha, selanjutnya disiram larutan EM-4 sebanyak 4 liter/ha dan dibiarkan selama 2 minggu.
    2. Pada saat masa pertumbuhan diberikan EM-4 sebanyak 16 liter per hektar.
    3. Interval 1 bulan sekali atau tergantung pada kondisi air tambak

     

untuk datadalam bentuk Ms. Word,silahkan download disini

About Fajar Rizky Hogantara

I am the BIg Family of SH Terate

Posted on March 31, 2013, in Agen Hayati. Bookmark the permalink. Leave a comment.

Comments are closed.

%d bloggers like this: