Persaudaraan Setia hati Terate

Sejarah Pencak Silat Persaudaraan Setia Hati Terate

Jiwa patriotisme yang tinggi ditunjukkan oleh Ki Hadjar Hardjo Oetomo, salah seorang Saudara Tertua Setia Hati, dengan bantuan teman-temannya dari Pilang Bango, Madiun dengan berani menghadang kereta api yang lewat membawa tentara Belanda atau mengangkut perbekalan militer. Penghadangan, pelemparan, dan perusakkan yang terjadi berulang-ulang sampai akhirnya ia ditangkap PID Belanda dan mendapat hukuman kurungan di penjara Cipinang dan dipindahkan ke Padang, Sumatera Barat. Setelah dibebaskan, Ki Hadjar Hardjo Oetomo yang telah mendirikan Setia Hati Pencak Sport Club yang kemudian mengaktifkan kembali perguruannya sampai akhirnya berkembang dengan nama Persaudaraan Setia Hati Terate.

Persaudaraan Setia Hati Terate dalam perkembangannya dibesarkan oleh RM Imam Koesoepangat murid dari Mohammad Irsyad kadhang (saudara) Setia Hati Pencak Sport Club (SH PSC) yang merupakan murid dari Ki Hadjar Hardjo Oetomo.

Sebelum menjadi kadhang SH dan mendirikan SH PSC, Ki Hadjar Hardjo Oetomo magang sebagai guru di SD Banteng Madiun. Tidak betah menjadi guru, bekerja di Leerling Reambate di SS (PJKA) Bondowoso, Panarukan dan Tapen. Tahun 1906 keluar dari PJKA dan bekerja menjadi Mantri Pasar Spoor Madiun di Mlilir dengan jabatan terakhir sebagai Ajudan Opsioner Pasar Mlilir, Dolopo, Uberan dan Pagotan (wilayah selatan Madiun). Pada tahun 1916 bekerja di pabrik gula Redjo Agung Madiun. Tahun 1917 masuk menjadi saudara SH dan dikecer langsung oleh Ki Ngabei Soerodiwirjo, pendiri Persaudaran Setia Hati. Pada tahun ini bekerja di stasiun kereta api Madiun hingga menjabat Hoof Komisaris. Tahun 1922 bergabung dengan Sarekat Islam dan mendirikan Setia Hati Pencak Sport Club di Desa Pilangbango, Madiun, yang kemudian berkembang sampai ke daerah Nganjuk, Kertosono, Jombang, Ngantang, Lamongan, Solo, dan Yogyakarta.

Tahun 1925, ditangkap oleh Pemerintah Belanda dan dipenjara di Cipinang, kemudian dipindahkan ke Padang, Sumatra Barat selama 15 tahun. SH PSC dibubarkan Belanda karena terdapat nama pencak. Setelah pulang dari masa tahanan mengaktifkan kembali SH PSC dan untuk menyesuaikan keadaan, kata pencak pada SH PSC menjadi pemuda. Kata pemuda semata-mata hanya untuk mengelabui Belanda agar tidak dibubarkan. Bertahan sampai tahun 1942 bersamaan dengan datangnya Jepang ke Indonesia.

Tahun 1942, atas usul saudara SH PSC Soeratno Soerengpati tokoh pergerakan Indonesia Muda, nama SH Pemuda Sport Club diubah menjadi Setia Hati Terate. Pada waktu itu SH Terate bersifat perguruan tanpa organisasi.

Tahun 1948, atas prakarsa Soetomo Mengkoedjojo, Darsono,dan lain-lain mengadakan konferensi di rumah Ki Hadjar Hardjo Oetomo di desa Pilangbango, Madiun. Hasil konferensi menetapkan Setia Hati Terate yang dulunya bersifat perguruan diubah menjadi organisasi Persaudaraan Setia Hati Terate dengan diketuai oleh Oetomo Mangkoewidjojo dengan wakilnya Darsono. Kemudian secara berturut-turut:

· Tahun 1950, Ketua Pusat oleh Mohammad Irsyad.
· Tahun 1974, Ketua Pusat oleh RM Imam Koesoepangat.
· Tahun 1977-1984, Ketua Dewan Pusat oleh RM Imam Koesoepangat dan Ketua Umum Pusat oleh Badini.
· Tahun 1985, Ketua Dewan Pusat oleh RM Imam Koesoepangat dan Ketua Umum Pusat oleh Tarmadji Boedi Harsono.
· Tahun 1988, Ketua Dewan Pusat RM Imam Koesoepangat meninggal dunia dan PSHT dipimpin oleh Ketua Umum Tarmadji Boedi Hardjono sampai sekarang.

Untuk menjadi saudara pada Persaudaraan Setia Hati Terate ini, sebelumnya seseorang itu terlebih dahulu harus mengikuti pencak silat dasar yang dimulai dari sabuk hitam, merah muda, hijau dan putih kecil. Pada tahap ini seseorang tersebut disebut sebagai siswa atau calon saudara.

Selama dalam proses latihan pencak silat, seorang pelatih/warga (saudara SH) juga memberikan pelajaran dasar ke-SH-an secara umum kepada para siswa.

Setelah menamatkan pencak silat dasar tersebut, seseorang yang dianggap sebagai warga atau saudara SH adalah apabila ia telah melakukan pengesahan yang dikecer oleh Dewan Pengesahan. Dewan pengesahan ini termasuk saudara SH yang terbaik dari yang terbaik yang dipilih melalui musyawarah saudara-saudara SH. Proses kecer tersebut berlangsung pada bulan Syura. Adapun sarat yang harus disediakan dalam pengeceran antara lain: Ayam jago, mori, pisang, sirih, dan lain sebagainya sarat-sarat yang telah ditentukan.

Dalam proses pengeceran ini, kandidat diberi pengisian dan gemblengan jasmani dan rohani dan ilmu ke-SH-an serta petuah-petuah, petunjuk-petunjuk secara mendalam dan luas. Saudara SH yang baru disahkan tersebut, dalam tingkatan ilmu disebut sebagai saudara tingkat I (erste trap). Pada Persaudaraan Setia Hati Terate juga dibagi dalam tiga jenis tingkatan saudara yaitu saudara SH Tingkat I (ester trap), Tingkat II (twede trap), tingkat III (derde trap).

Pada Persaudaraan Setia Hati Terate diajarkan 36 jurus pencak silat yang merupakan warisan dari Ki Ngabei Soerodiwirjo di erste trap serta pelajaran ilmu ke-SH-an yang dapat diperoleh pada tingkatan twede trap dan derde trap. Jurus-jurus tersebut merupakan ramuan dari beberapa aliran pencak silat yang berada di nusantara, di antaranya dari Jawa Barat, Betawi (Jakarta), dan Minangkabau.

Khadang SH Terate tersebar di seluruh wilayah Indonesia dan di beberapa negara seperti Belanda, Perancis, Belgia, Jerman, Amerika Serikat, Australia, Malaysia, Singapura, Vietnam, Brunei Darussalam. Secara administratif mulai dirintis pencatatan jumlah saudara pada tahun 1986. Sehingga jumlah saudara mulai tahun 1986 – 1999 sebanyak 108.267

Arti dan Makna Lambang PSHT

1. Segi empat panjang
– Bermakna Perisai.

2. Dasar Hitam
– Bermakna kekal dan abadi.

3. Hati putih bertepi merah
– Bermakna cinta kasih ada batasnya.

4. Merah melingkari hati putih
– Bermakna berani mengatakan yang ada dihati/kata hati

5. Sinar
– Bermakna jalannya hukum alam/hukum kelimpahan
6. Bunga Terate
– Bermakna kepribadian yang luhur

7. Bunga terate mekar, setengah mekar dan kuncup.
– Bermakna dalam bersaudara tidak membeda-bedakan latar belakang

8. Senjata silat
– Bermakna pencak silat sebagai benteng Persaudaraan.

9. Garis putih tegak lurus ditengah-tengah merah
– Bermakna berani karena benar, takut karena salah

10. Persaudaraan Setia Hati Terate
– Bermakna mengutamakan hubungan antar sesama yang tumbuh dari hati yang tulus, ikhlas, dan bersih.
– Apa yang dikatakan keluar dari hati yang tulus.
– Kepribadian yang luhur.

11. Hati putih bertepi merah terletak ditengah-tengah lambang
– Bermakna netral

Diambil dari AD/ART PSHT Hasil Mubes 2000

Sumber : www.shterate.com
http://www.silatindonesia.com

  • JURUS PEMBUKAAN

    https://i0.wp.com/dc149.4shared.com/img/108499944/7728af4b/sh2.jpg

    SALAM PERSAUDARAAN.
    Saudaraku ,kadhang SH di Penjuru Mata Angin,Alhamdulillah ..syukur kepada Alloh S.W.T,TUhan YME atas karunia dan anugerah Nya.Solawat serta salam kepada junjungan kita nabi besar Muhammad S.A.W.Dalam Media ini ,marilah kita berjabat tangan ,bertegur sapa,dengan rasa bathin yang tersambung sebagai saudara tunggal kecer,saudara yang luas maknanya.Sehingga kita tidak merasa sendirian dalam pengembaraan di alam fana ini,….
    Silahkakan para kadhang klik PENDAFTARAN dan selanjutnya ikuti perintah perintah untuk bisa mengikuti Forum ini.
    Semoga Media ini dapat kita manfaatkan untuk sesuatu yang positif demi kemaslahatan umat.

    Salam Persaudaraan
    Forum SH Tulungagung
    CP:081234466619

    0 Topik
    0 Post
  • JURUS 2

    BAGAIMANA SAUDARA MENYIKAPI KERAGAMAN SETIA HATI ?

    Moderator: Moderators

    1 Topik
    1 Post
    Wed May 06, 2009 12:09 pm
    slamet jawara miskin ilmuWARGA TINGKAT 2 KALIMANTAN SELATAN PELIT ILMU
  • ARTIKEL


    KOMENTAR ANDA ?

    0 Topik
    0 Post
  • 0 Topik
    0 Post
  • KSATRIA

    Sayamenulisartikel ini saat kondisi Psikis dalam keadaan labil.Kesabaransayasedang di uji,tapi saya berusaha sekuat tenaga untuk melepaskandiridari ego,melihat lebih luas pada hamparan pemikiran yangrealistis.Sayayang sampai hari ini meyakini falsafah sesepuh SH :Sekeras-kerasnyahati dan pribadi seseorang akan luluh juga jikadihadapi dengankelembutan dan kasih sayang.
    Tapi dimanakahfalasafah ini sekarangberada ?di dalam hati sering datang danpergi,Nafsu ingin membunuhsering menghampiriku…karena kenyataan dalamhidup ini.kalau tidakdiserang yang diserang,kalau menghindar itu butuhkesabaran,kalau tidakmenghindar pasti akan berlawanan……sebenarnyasikap seperti apa yangpaling bijaksana sebagai seorang pesilat ketikamenghadapi setiappermasalahan ?
    Saya coba untuk menterjemahkannya dengan segenap kemampuan ,walau ini tidak cukup untuk melampiaskan rasa jengkel.

    Tanpamengurangirasa hormat saya, terhadap para pendahulu ilmu beladiri,serta apa yangdiajarkan mereka, saya mencoba menulis apa yang sayabisa artikan sampaisaat ini. Lagipula, saya hanyalah manusia dalamperjalanan.
    Pertamaadalah saya sering kali mendengar banyak sekaliocehan gak jelas dariteman- teman saya, tentang gimana mereka bertahankalau diserang. Denganhormat terhadap kaum feminis, dan pemerhatikemanusiaan, perkelahian itutidak mengenal belas kasihan, perkelahianitu bukan kompetisi dengansegala aturan.
    Perkelahian adalah dimanamakhluk mengeluarkan instingdasar mereka untuk bertahan hidup, tidakada lg batas halal atau haram,mereka akan mengoptimalkan seluruhpotensi dirinya, untuk selamat.Bukan sematabaku hantam bogem mentah, atau saling mengunci satu samalain.Bayangkan sebuah tusuk gigi pun bisa melukai atau membunuh orangbiladitancapkan di mata atau bagian tubuh yang lunak. Itulahperumpamaangue, tentang tidak terbatasnya bentuk cara melawan. Melihatsegalasituasi dan kondisi dan memanfaatkannya 100% demi kemenangandankeselamatan nyawa. Tidak ada benar atau salah, tidak ada curangataujujur, tidak ada pengecut atau pemberani. Bahkan menjadi cukupberaniuntuk jadi seorang pengecut demi menyelamatkan pantat(nyawa) kitayangberharga.
    Saya pernah mendengarbahwa manusia yang diberi talentauntuk berlidah tajam, akan menyerangdengan kata- kata pedasnya, lalumereka berharap bahwa orang akan takluksetelah itu. Dengan hormat,kepada semua orang yang merasa bacotnyadapat menaklukkan orang cumakarena orang yang dibacotin tidak membalas,faktanya kata- kata hanyaakan melukai emosional. Apapun sumpah serapahyang diberikan, tidakakan merubah status apapun. Mereka yang berlidahtajam akan mudahditaklukkan dan dibunuh, seperti rezim membungkam parademonstran.Karena pada dasarnya mereka membatasi instrumen bertahandirinya, danmerasa orang yang bungkam tidak mampu mencelakakan mereka.Percayalah,saat tidak ada batasan hukum yang bisa melindungi kalianorang- orangberlidah tajam, maka kalian tak lebih dari krim yang denganmudahdihancurkan. Jangan dorong orang ke titik itu.
    Seorangdapat denganmudah, dengan sombongnya menyuguhkan bentuk- bentuk indahdaribeladiri, tp tanpa kejujuran, dan keefektifan, semua hanyalahomongkosong. Efektif dan jujur dalam bergerak, jangan berlebihan,janganterburu- buru, jangan aneh- aneh, selesaikan secepatnya, janganmembuatterlalu banyak bunga, ini bukan kontes keindahan. Bukan lg benaratausalah, tapi tepat atau tidak tepat. Lihat siapa musuhnya, dantaklukkandengan segala cara.
    Mengapabeladiri itu bukan kompetisi? karenatidak ada kejujuran dalamkompetisi, pada satu titik beladiri harusmematikan lawan dengan caraapapun juga. Dengan kompetisi dan aturan,inti sari dari mengoptimalkansegala kemampuan menjadi hilang. Apakahmungkin untuk melakukan aksimenggigit bila sudah dalam posisi terkuncidalam kompetisi, atau menusukmata dan hal lain yang sifatnya mematikandalam sebuah iklim perlombaan ?
    Orangyang hidup dalam jalanbeladiri mengerti bahwa mereka tidak boleh, tidakbisa dan tidak akanpernah membuka celah untuk serangan pada dirinya.Mereka secara rutinakan selalu memeriksa dirinya dan mencobameningkatkan kefektifandirinya. Mereka tidak akan memancing sebuahpermusuhan, karena mengertibahwa hal kecil akan bisa berkembang menjadibesar, sehingga berpeluanguntuk menjadi maut untuk dirinya. Merekatidak berteman, tidakberistri, tidak berhubungan dengan individu lainselain dirinya dantidak menciptakan keterikatan pada apapun, karenasadar bahwa setiapikatan dapat mencelakakan orang lain maupun dirinya.Sebagai contoh,mungkinkah seratus persen mengoptimalkan pertahanandiri, saat pikiranterpecah antara melindungi diri, atau melindungi yangdisayangi.

    Hidup di jalan beladiri berarti 100% mengabdikan diri, segenap jiwa dan raga pada jalan ini. Seumur hidup mengasah diri

    0 Topik
    0 Post
  • PANDHITA

    Yang Berputar Kekanan pasti lebih Kuat



    Salam Persaudaraan ,..

    Teruntuksaudaraku SH yang berada di semua penjuru mata angin,semoga rahmat dankeselamatan senantiasa dilimpahkan kepada junjungan kita Nabi MuhammadSAW,sang revolusioner jaman jahiliyah yng kelam ,menuju kepadapembaharuan jaman yang cerah,amin.
    kepada saudaraku sedulur tunggalkecer dari pemahaman SH manapun,semoga masih tetap kokoh berdiri diatasjalan JURUS jujur dan lurus,menjadi penerang dalam hidupbermasyarakat,beragama,berbangsa dan bernegara,senantiasa amar ma’rufnahi munkar dengan bekal Gaya hidup seorang Pendekar yang setia kepadahati nurani berdasar Ketuhana Yang Maha Esa.
    Permisi kepada parasesepuh SH yang secara langsung atau tidak langsung ,mendengar ,melihat,merasakan Tulisan saya,saya hanya seorang yang mencoba keluar darilumpur hidup yang semkin saya bergerak ,ternyata malah semakintenggelam begitu ibaratnya.saya hanya satu dari sekian banyak kadhangyang terus haus mencari kebenaran menuju hidup yang selamat sejahteradi dunia dan akhirat.Oleh karena itu apabila ada tulisan dan pemikiransaya yang melenceng dan tidak sesuai dengan etika Setia Hati ,sudilahkadhang,dan panjenengan para sesepuh untuk mengingatkan dan membimbingpada muara Pencerahan.

    elanjutnyamengenai ke rohanian atau Ke-SH an, bukannya pelit atau tidak mauberbagi informasi mas,tapi saya pribadi masih sangat dangkal tentangSH.karena yang selama ini kami pahami adalah koreksi atas semuaperjalanan hidup lalu di cross check dengan Pepatah dan Pepacuh SH,tentu saja nasihat tersbu didapat dengan cara anjang sana ke parasesepuh SH,apapun itu jenis SH nya.jadi jika saya harus share dnenganpanjenengan ,itu pun hanya sebatas pengalaman hidup ,sedangkan sayapribadi juga masih sangat muda.belum banyak makan asam garam,saya hanyamanusia lemah yang pernah terombang ambing seperti buih dilautan,seperti kendaraan hilang kemudi,dan terjebak dalam lumpurkenistaan.saya pernah sangat jatuh,dan tersungkur,saya putus asa,tapiakhirnya saudara saudara di SH dan nasihat para sesepuh lah yangmembuat saya mampu bertahan hidup hingga detik ini.sesungguhnya bilasaya tidak salah mengartikan ,kita ini ber-SH adalah : bagaimana kitabercara hidup sebagai pendekar SH,bagaimana kita ini bergaya hidupsebagai pendekar SH,menuntun kita untuk menjalankan agama dankepercayaan kita,tidak lebih dari itu cita cita khan ?misalnya menjadiorang yang sakti mandraguna,sebab SH itu memang tidak punya apaapa,tidak bisa apa apa,tapi juga tidak akan apa apa..hanya kekuatanAlloh yang bersarang dalam jantung hati kita sebagai AS,tentunya jikakita keluar dari AS maka kita akan tergelincir,tergilas oleh cakra yangberputar ke kanan,jika kita ke kiri tentunya akan terpental ,karenaputaran kekanan selalu lebih kuat ,lebih dahsyat.ini sudah takdirmas,kita tidak bisa berexperiment atau coba coba untuk menemukan carabaru bagaimana agar ke kiri tapi aman.itu sangat mustahil.
    semogasedikit pemaham saya tentang SH ini bisa dijadikan perenungan kitabersama ,untuk saling berbagi informasi dan pengalaman hidup dalamjalan yang pernah salah,menuju jalan nya JURUS jujur dan lurus.
    Ada beberapa Pertanyaan dari Kadhang SH yang masuk ke email saya :

    JkaSH itu dilandaskan atas dasar sedulur tunggal kecer, tapi mengapa masihsering perselisihan terjadi antara PSHT dan SH Winonggo padahal darisatu guru yang sama yaitu Ki Ngabai surodiwiryo….???

    adaPepatah buat Pendekar” menang ora kondang, kalah dadi omongan”( menangtidak akan terkenal,tapi jika kalah akan jadi pembicaraan) .
    jikaperselisihan terjadi maka itulah yang akan di kenal dan dikenang olehbanyak orang.karena setitik nila jatuh di susu maka rusaklah sususebelanga.maka sebarkan amar ma’ruf nahi munkar.Perselisihan yangterjadi,hanya dilakukan bagi mereka yang tidak nrimo atas masukan danpendapat dari saudaranya,adigang adigung adiguna,jelas itu bukan watakpendekar SH.saya berani berkata’selama kadhang SH ini mengamalkan ilmueyang suro,maka perselisihan hanyalah tukar pendapat,bukan tukar bakuhantam.jika masih ada yang menyebar keonaran dengan dalih SHT denganSHW,itu teroris,itu bukan orang SH.

    AjaranPSHT maupun SH Winonggo sama-sama untuk kebaikan dan keselamatan tapimengapa selalu dipertentangkan antara Ajaran PSHT dan SH WinonggoTolong!!! Jelaskan…???

    maaf sebelumnya mengenai ajaranatau keilmuan,saya tidak memiliki hak untuk menjelaskan,karena sayamasih dangkal,itu lebih pas jika beliau para sesepuh.
    Namun saya bisa memberikan gambaran pendapat secara umum ,mohon maaf sebelumnya jika kurang berkenan dengan pemahaman saudara.:
    inihanya masalah Keimanan saja,bukankah kita memiliki sumber atauAS,seperti halnya roda yang berputar pasti memiliki sumbu,jika keluardari sumbunya pasti akan terpental ,tergilas.begitu juga kitamanusia.memiliki AS yaitu Alloh SWT,aturan ntuk mengenal NYa,sudah diajarkan dalam agama dan kepercayaan masing masing,Negara sudahmewajibkan untuk saling menghargai.Ilmu SH juga begitu,ragam dan carapenyampaiannya.
    saya fikir murid eyang suro sangat kreatif.dengantanpa merubah asalnya,tapi memodifikasi cara penyampainnya saja,karenasaat itu terkait dengan situasi kondisi jaman penjajahan.
    tapi saya kurang yakin jika akhirnya hingga sekarang antara SH ini dan SH itu berubah keasliannya.saya kurang tahu itu.
    dari berbagai sumber kadhang SH winongo,SHT,PSH,intinya di tujuannya sama.muaranya sama.cuma taraf awalnya yang sedikit berbeda.

    Sebenarnya yang tidak direstui, PSHT atau SH Winonggo oleh Ki Ngabai Surodiwiryo???…..

    Jikasalah satunya ada yang tidak direstui,itu memang prinsipil.menurut saya,guru besar memegang kunci dari semua pertanyaan kita ini.apa yangterucap dari beliau Eyang suro.kebenarannya sampai sekarang ini tidakada yang mengetahui,apa sebenarnya dibalik semua ini .? tapi jika andamau seperti saya ,untuk mengejar dan mengejar terus kebenaran sejarahSH ,mari kita sama sama mencarinya,karena tonggak sejarah sebenarnyapasti ada,dan itu hingga kini masih murni,bagaimana?

    Selamat bersaing menuju jalan kebenaran,smoga tetap berada di poros AS,dan berputar kekanan !

    Salam Persaudaraan

    0 Topik
    0 Post
  • BRAHMANA

    ILMU IKHLAS


    Masih Dalam rangka Memaknai PERSAUDARAAN :
    Persaudaraanbisa menjadi salah artinya,atau sebaliknya Persaudaraan bisa menjadikankehidupan yang bahagia lahir dan bathin.Saling menghamat hamati,salingmengingatkan,saling “tepo sliro”,yang muda menghormati yang tua,danyang tua menyanyangi yang muda.
    PERSAUDARAAN yang luas,Kuat,dan taklapuk oleh waktu,kokoh tak mudah hancur oleh fitnah,bahkan tak terbuaioleh kebaikan yang berlebihan.Karena kebaikan yang berlebihan ujungujungnya mengarah pada Pamrih.
    Penulis mencoba menuangkan sebuahpemikiran yang masih sangat dangkal,oleh karena itu mohon pencerahannyakepada para sesepuh SH,dan kadhang SH.
    Ilmu iklhas itu jika di umpamakan seperti (maaf)kita mau buang hajat besar :

    NGEBET
    Jikakita ingin buang hajat ,pastinya susah untuk di tunda,begitu jugaketika kita berbuat baik dengan iklas juga harus selalu ngebet inginberbuat baik.

    SEMBUNYI
    Jikakita buang hajat besar pasti tidak ingin diketahui orang lain,begitujuga ketika kita berbuat baik dengan ikhlas juga harus tidak di tunjuktunjukkan ,bahkan orang lain jangan sampai ada yang tahu.

    TIDAK PAMRIH
    Jika kita buang hajat besar pasti tidak akan mengharapkan imbal balik, agar apa yang sudah kita berikan tidak mengharap imbalan.

    PLONG
    Jikakita buang hajat besar,pastinya akan merasa plong ,begitu juga denganberbuat baik,dengan ikhlas pasti kita juga akan merasa plong.

    Begitulah gambaran tentang ilmu iklhas…mohon pencerahan dari para sesepuh dan kadhang SH. suwun ..

About Fajar Rizky Hogantara

I am the BIg Family of SH Terate

Posted on January 22, 2011, in Uncategorized. Bookmark the permalink. Leave a comment.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: